Jenis Produk Asuransi yang Penting untuk Dimiliki

Tahukah Anda bahwa memiliki asuransi adalah salah satu cara membangun fondasi keuangan keluarga agar tetap sehat?
Setiap keluarga tentu memiliki berbagai tujuan keuangan yang ingin diraih. Mulai dari keinginan memberikan pendidikan terbaik untuk buah hati hingga memiliki dana pensiun agar sejahtera di hari tua.
Karena hidup tak lepas dari yang namanya resiko, maka perlu mengantisipasi jika sesuatu hal yang tidak diinginkan itu terjadi, agar siap menghadapinya. Produk asuransi merupakan solusi proteksi diri terhadap berbagai resiko.
Dengan asuransi, beban pikiran Anda dapat berkurang karena pihak asuransi akan membantu dalam menanggung kerugian yang dialami. Karena itulah bagi Anda yang ingin berjaga-jaga agar tidak mengalami kerugian finansial di masa depan, ada baiknya mulai berpikir untuk menggunakan asuransi.
Namun terkadang orang masih sering rancu dan bingung, produk asuransi mana yang cocok buat mereka. Beberapa kondisi, bahkan sering terbalik dalam memberikan proteksi. Misal, asuransi untuk rawat jalan diambil, namun asuransi untuk penyakit kritis yang butuh biaya mahal justru ditinggalkan.
Padahal, jika sakit dan harus rawat jalan, biaya yang diperlukan masih cukup untuk ditutup dengan dana tabungan darurat. Tentu hal ini berbeda bila mengalai penyakit kritis yang biaya pengobatannya bisa jadi seolah tak terbatas.
Agar Anda terhindar dari salah proteksi atau bingung memilih produk asuransi, berikut asuransi yang penting untuk dimiliki, antara lain:
1. Asuransi Kesehatan
Produk asuransi pertama yang wajib Anda miliki adalah asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang memberi proteksi terhadap resiko kesehatan. Sesuai dengan namanya, asuransi ini akan memberikan tanggungan terhadap biaya pengobatan atau risiko lain seperti kecelakaan. Jenis asuransi ini sangat penting sebab Anda tidak dapat mengetahui kapan akan jatuh sakit. Selain itu biaya pengobatan yang makin mahal membuat asuransi ini pasti bermanfaat jika suatu hari Anda harus dirawat.
2. Asuransi Jiwa
Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang memberikan penggantian uang pertanggungan terhadap kerugian ekonomis seseorang, jika orang tersebut meninggal dunia.
Ada dua alasan utama mengapa asuransi ini penting dimiliki. Pertama, seseorang bisa meninggal pada usia produktif padahal masih memiliki tanggungan. Kedua, seseorang bisa hidup lama namun dalam kondisi yang kurang baik, seperti sakit keras atau cacat sehingga tak bisa bekerja secara optimal.
Secara sederhana, asuransi jiwa dapat memberikan pengganti penghasilan yang hilang saat terjadi risiko pada sumber pencari nafkah dalam keluarga. Ahli waris akan mendapatkan uang pertanggungan dari perusahaan asuransi. Dengan begitu, keluarga yang ditinggalkan masih bisa hidup dengan sejahtera.
Oleh sebab itu, pada umumnya asuransi jiwa wajib dimiliki oleh ayah atau suami. Namun, zaman sekarang tak sedikit pula keluarga yang memiliki pendapatan ganda atau suami dan istri sama-sama bekerja. Pada kondisi ini, asuransi jiwa sebaiknya diperuntukkan pada pihak yang memiliki penghasilan lebih tinggi serta memiliki dampak yang cukup signifikan pada keuangan keluarga.
3. Asuransi Kendaraan
Asuransi kendaraan (mobil atau motor) adalah produk asuransi yang memberikan proteksi jika terjadi kerusakan atau kehilangan dengan kendaraan.
Tidak hanya manusia, asuransi juga dapat diperuntukan bagi aset atau benda seperti mobil. Jika Anda memiliki mobil, penting untuk mengasuransikannya karena resiko saat berkendara sangat tinggi. Pilih produk asuransi mobil dengan premi yang sesuai dengan nilai mobil Anda dan sesuaikan dengan manfaat perlindungan yang Anda inginkan. Harga mobil yang cukup tinggi ditambah risiko kerusakan yang tak kalah tinggi membuat perlindungan terhadap kendaraan satu ini sangat diperlukan.
Produk asuransi ini terbilang penting terutama jika Anda memiliki mobil yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Bayangkan jika mobil Anda tiba-tiba mengalami kecelakaan atau terserempet motor, tanpa asuransi biaya perbaikan yang harus dibayar tentu akan sangat besar bukan? Jadi pilih asuransi.
4. Asuransi Pendidikan
Seiring berjalannya waktu, biaya pendidikan akan semakin tinggi. Karena itulah bagi Anda para orang tua yang telah memiliki anak, menjamin keberlangsungan pendidikan buah hati dengan membeli asuransi pendidikan akan menjadi keputusan bijak.
Asuransi pendidikan berfungsi layaknya tabungan masa depan untuk menjamin kelangsungaan pendidikan putra-putri Anda di tengah mahalnya biaya pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Saat ini, banyak produk tabungan bank yang otomatis digabung dengan asuransi pendidikan. Anda bisa memilih skema ini karena pada dasarnya kita menabung untuk dana pendidikan putra-putri Anda.
5. Asuransi Properti
Produk asuransi lain yang sebaiknya Anda miliki adalah asuransi properti. Selain sebagai tempat tinggal, rumah pun dapat menjadi investasi karena harganya yang cenderung meningkat. Namun, rumah tak lepas dari sejumlah risiko, mulai dari kebakaran, kebanjiran, pencurian, hingga terkena dampak bencana alam lainnya. Karena itulah agar Anda tidak mengalami kerugian materil karena kerusakan pada rumah, melindunginya dengan asuransi rumah akan jadi pilihan terbaik.
Tidak hanya rumah, bangunan lain yang termasuk dalam asuransi properti adalah bangunan bisnis seperti ruko, mal, atau kantor. Sama seperti rumah, bangunan bisnis juga tidak luput dari kerusakan dan pengerusakan oleh orang lain. Karena itulah agar keuangan usaha Anda tidak terganggu akibat kerusakan properti, diperlukan adanya asuransi.
6. Asuransi Perjalanan
Sering melakukan perjalanan jauh baik ke luar kota atau ke luar negeri? Jika iya itu berarti Anda harus memiliki asuransi perjalanan. Jangan remehkan produk asuransi yang satu ini sebab sangat berguna dalam memberikan proteksi akibat risiko yang mungkin terjadi seperti kecelakaan perjalanan, kehilangan bagasi, keterlambatan, dan sakit. Anda bisa membeli asuransi ini hanya setiap kali akan pergi atau jika intensitas pergi cukup sering, Anda bisa langsung membeli paket asuransi perjalanan tahunan.
7. Asuransi Hari Tua
Jangan salah, asuransi hari tua ini juga patut diperhitungkan dan disiapkan dengan baik. Di usia yang tidak lagi produktif, satu-satunya yang bisa diandalkan adalah jaminan hari tua, agar tetap mandiri dan tidak merepotkan anggota keluarga yang lain.
Normalnya, memasuki usia pensiun adalah 55 tahun – 60 tahun. Setelah memasuki usia pensiun, yang dibutuhkan adalah menikmati hidup dengan dana yang sudah diperoleh selama bekerja.

Nah, demikianlah penjelasan masing-masing produk asuransi krusial yang perlu Anda beli. Tentunya, besaran premi perlu disesuaikan dengan jumlah penghasilan Anda tiap bulan. Satu hal yang penting lagi adalah Anda paham dengan jenis produk asuransi serta manfaat yang diberikan serta pastikan Anda membaca polis asuransi secara cermat. Cermat memilih asuransi, manfaat yang didapatkan tentu akan sangat banyak.