Mengapa Asuransi Jiwa Itu Penting?

Kita sering bertanya-tanya pada diri kita, apakah asuransi jiwa itu penting untuk kita ataupun keluarga kita? Jawabannya adalah yup, penting sekali!
Mengapa? Pasti akan timbul lagi pertanyaan itu pada diri kita.
Namun sebelum itu baiknya kita tahu terlebih dahulu, apakah yang dimaksud dengan Asuransi Jiwa itu?
Asuransi jiwa adalah sebuah produk asuransi yang mana jika tertanggung mengalami resiko penyakit atau kecelakaan yang menyebabkan kematian, maka keluarga dapat menerima sejumlah uang pertanggungan.
Jumlah uang pertanggungan telah disepakati di awal perjanjian.
Dalam artikel ini akan dibahas “Mengapa Asuransi Jiwa itu Penting” untuk kita ataupun keluarga kita.
Berikut ini adalah beberapa alasannya:
1. Sedia Payung Sebelum Hujan
Hidup memang selalu punya rahasianya sendiri. Sama seperti musibah atau kecelakaan, kita tidak pernah tahu kapan dan di mana terjadi. Jika hal tersebut terjadi, akan ada biaya-biaya yang kita keluarkan untuk pengobatan di luar anggaran yang kita buat.
Di saat seperti itulah peran asuransi jiwa dibutuhkan, untuk mengcover segala biaya-biaya pengobatan yang harus dikeluarkan ketika hal itu terjadi. Bahkan ketika pemilik asuransi yang juga berperan sebagai pencari nafkah mendapatkan penyakit berat yang menyebabkan dirinya tidak mampu lagi bekerja menghidupi keluarga. Asuransi akan membantu Kita mengatasi keuangan Kita yang berubah secara drastis ketika hal-hal tersebut terjadi.
2. Kematian Bisa Datang Kapan Saja
Kematian merupakan hal yang pasti. Pertanyaannya kapan kematian itu datang? Tidak ada satupun yang bisa menjawabnya. Sebab itu adalah rahasia Tuhan. Tugas kita hanyalah mempersiapkan bekal kematiannya.
Pernahkan kita pikirkan bagaimana jika sebagai tulang punggung keluarga tiba-tiba meninggal? Siapa yang akan membiayai hidup keluarga setelah peninggalannya?
Itulah pentingnya memiliki asuransi jiwa. Kita akan lebih tenang saat memiliki asuransi jiwa, sebab biaya setelah meninggal seperti biaya perawatan jenazah atau bahkan sisa hutang yang belum sempat terbayar bisa dilunasi dari uang asuransi jiwa yang kita miliki.
3. Memberikan Perlindungan Pada Diri Sendiri dan Keluarga
Seberapa jauh Anda bisa berada dalam usia produktif dengan penghasilan tetap? Jika kesehatan Anda terjamin, saat usia 55 Anda sudah harus pensiun dan bergantung pada pendapatan pasif. Salah satu cara untuk tetap menjaga diri sendiri dan keluarga, adalah dengan memiliki asuransi jiwa yang menjamin biaya perawatan kesehatan dari mulai rawat inap, penyakit kritis, hingga meninggal dunia. Dengan adanya asuransi jiwa, anggota keluarga Anda akan tetap mendapatkan sejumlah dana untuk memenuhi kebutuhan mereka.
4. Menerapkan Keuangan yang Lebih Disiplin
Dengan adanya asuransi jiwa, Anda diwajibkan untuk membayar sejumlah premi atau polis asuransi Anda tidak berjalan. Kewajiban ini akan membuat seseorang lebih disiplin dalam membelanjakan uang mereka. Selain membantu gaya keuangan yang lebih baik, penghasilan yang dialokasikan untuk asuransi akan lebih berguna.
5. Sebagai Investasi di Masa Depan
Investasi merupakan sektor yang paling menjanjikan untuk mendatangkan profit/ keuntungan. Dengan adanya produk yang berunsur investasi pada asuransi, maka menjadi alternatif investasi yang dapat kita pilih. Keunggulan investasi pada produk asuransi adalah kita akan mendapat tambahan proteksi/ perlindungan jiwa saat kita meminggal. Selain itu tentu akan mendapatkan hasil pengembangan dana yang kita investasikan pada produk asuransi.

Dengan alasan-alasan yang telah dijelaskan tersebut, tentunya kita tidak akan lagi berpikir dua kali untuk memiliki Asuransi Jiwa untuk kita ataupun keluarga kita. Selain leih banyak keuntungan yang kita dapatkan, asuransi jiwa juga dapat membuat hidup kita lebih tenang dan damai.